Senin, 29 Mei 2017

Modul Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

Modul Konsep Sasar Ilmu Ekonomi
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Pengembangan Bhan Ajar
Aan Anisah, S.E., M.Pd.









                               
                            
                             Nama          Kelompok :  1. Silviyani (114080183)
                                                            2. Ellen Yolanda (115080069)
3. Devi Sulastri (115080062)
  4.
Heny Rosiana (115080059)
Tingkat                 : 2 C









Program Studi Pendidikan Ekonomi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Swadaya Gunung Jati

2016




















BAB I
PENDAHULUAN


LATAR BELAKANG

Ilmu ekonomi didalam masyarakat sangat berkaitan dengan kegiatan-kegiatan di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu ekonomi muncul karena adanya tiga kenyataan, seperti kebutuhan manusia relatif tidak terbatas,  sumber daya tersedia secara terbatas dan masing-masing sumber daya tersebut mempunyai beberapa alternatif penggunaan.
Penulis mendefinisikan ilmu ekonomi sebagai “ilmu kekayaan”. Adam Smith dikenal sebagai bapak ilmu ekonomi modern, mendefinisikan ekonomi sebagai “Sebuah penyelidikan ke dalam sifat dan penyebab kekayaan bangsa-bangsa.”
Definisi-definisi ini cacat karena mereka memberikan banyak pentingnya kekayaan. Sebagai kekayaan bukanlah segalanya, itu hanya mengarah untuk mencapai kesejahteraan manusia. Oleh karena itu manusia merupakan yang merupakan tujuan semua kegiatan ekonomi.
Profesor Dr Alfred Marshall adalah ekonom pertama yang memberi definisi logis dari ekonomi. Ia mendefinisikan ekonomi sebagai: “Sebuah studi tentang umat manusia dalam bisnis biasa kehidupan, itu memeriksa bahwa bagian dari tindakan individu dan sosial yang terkait erat dengan pencapaian dan penggunaan materi syarat”.
Dalam kegiatan pembelajaran tentang konsep dasar ilmu ekonomi siswa banyak yang kurang memahami secara luas, sedangkan konsep dasar ilmu ekonomi ini sangat penting dipelajari karena sangat berkaitan dengan kegiatan perekonomian dalam memenuhi kebutuhan manusia sehari-hari.
Untuk membantu siswa dalam memahami tentang konsep dasar ilmu ekonomi, maka kami membuat sebuah modul. Modul ini berguna agar para  siswa dapat mengetahui dan memahami tentang konsep dasar ilmu ekonomi.

DESKRIPSI SINGKAT
              Modul ini merupakan bahan ajar cetak yang dirancang untuk dapat dipelajari secara mandiri oleh peserta didik selama proses pembelajaran.
Kata "ekonomi" sendiri berasal dari kata Yunani oikos yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan nomos, atau "peraturan, aturan, hukum," dan secara garis besar diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga.
lmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran.


KOMPETENSI INTI

KI  1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI  2: Menghayati, mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong kerja sama, toleran, damai), santun, responsip, dan proaktif dan menunjukan 
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berin
teraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI  3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural,
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural
pada bidang kajian yang spesifik yang sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
KI  4: Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai dengan kaidah keilmuan.










Bagi Peserta Didik

1.      Kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik
2.      Kesempatan untuk belajar secara mandiri dan mengurangi ketergantungan terhadap kehadiran guru
3.      Mendapatkan kemudahan dalam mempelajari setiap kompetensi yang harus dikuasainya
4.      Menambah wawasan pengetahuan peserta didik terhadap materi yang belum tersampaikan oleh gurunya
5.      Sebagai media pembelajaran yang kreatif dan inovatif
Sebagai motivator untuk mempelajari lebih lanjut mengenai materi yang disampaikan sehingga dapat peserta didik untuk belajar secara berkesinambungan.


Bagi Guru

1.      Diperoleh bahan ajar yang sesuai tuntutan kurikulum dan sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik
2.      Tidak lagi bergantung pada buku teks yang terkadang sulit untuk didapatkan
3.      Memudahkan guru dalampengorganisasian dan perencanaan penilaian dalam pembelajaran
4.      Memudahkan guru dalam menentukan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai kebutuhan peserta didik
5.      Menambah wawasan pengetahuan dan pemahaman seorang guru karena dikembangkan denganmenggunakan berbagai referensi
6.      Menambah pengalaman guru dalam menulis dan menyusun bahan ajar berupa modul
7.      Membangun komunikasi pembelajaran yang efektif antara guru dengan peserta didik, karena peserta didik akan merasa lebih percaya kepada gurunya
8.    Menambah angka kredit jika dikumpulkan menjadi buku dan dikumpulkan


TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Untuk membantu siswa memahami wujud perilaku ekonomi dalam dunia nyata secara lebih baik.
2.      Untuk membuat siswa lebih mahir atau lihai dalam perekonomian.
3.    Untuk membantu siswa memberikan pemahaman atas potensi dan keterbatasan kebijakan ekonomi.

PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL

1.      Untuk membantu menguasai materi tentang Konsep Dasar Ilmu Ekonomi, dalam modul ini peserta didik dapat mempelajari keseluruhan modul dengan cara yang berurutan.
2.      Peserta didik diharapkan untuk memaksakan diri sebelum benar-benar menguasai bagian demi bagian dalam modul ini, karena masing-masing saling berkaitan.
3.      Uji pemahaman dan uji kompetensi menjadi alat ukur tingkat penguasaan setelah mempelajari materi dalam modul ini.
4.       Jika peserta didik belum menguasai 75% dari setiap kegiatan, maka peserta didik dapat mengulangi untuk mempelajari materi yang tersedia dalam modul ini.
5.       Apabila masih mengalami kesulitan dalam mempelajari materi yang ada didalam modul ini, silahkan mencatat bagian yang sulit tersebut kemudian diskusikan dengan teman atau bertanya dengan guru yang bersangkutan.
6.       Didalam modul ini, terdapat      soal evaluasi yang terdiri dari      soal pilihan ganda    dan     soal essay.
7.     Peserta didik diharapkan dapat membaca dan mengerjakan setiap soal dengan cermat dan teliti.









BAB II
MATERI


KOMPETENSI DASAR
1.      Menjelaskan tentang konsep dasar ilmu ekonomi
2.     Menumbuhkan rasa ingin tahu dalam menemukan dan memahami konsep dasar ilmu ekonomi
3.     Menunjukan prilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun dan pro aktif dalam berinteraksi secara efektif dalam lingkungan sosial.
4.    Menghargai kerja individu dan kelompok serta mempunyai kepedulian yang tinggi dalam

Materi Pokok
1.    Pengertian ilmu ekonomi
2.    Pembagian ilmu ekonomi
3.    Prinsip dan motif ekonomi
4.   Kegunaan ilmu ekonomi



Uraian Materi
A.      Pengertian ilmu ekonomi
Bermacam cara untuk memberikan pengertian ilmu ekonomi, ada yang mengambil pengertian dari Ekonomia yaitu dari bahasa latin dari asal kata OIKOS yang berarti rumah tangga dan NOMOS yang berarti aturan. Sehingga secara sederhana Ekonomi diartikan sebagai aturan-aturan dalam rumah tangga dalam upaya memenuhi kebutuhan.
Sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan perkembangan ilmu ekonomi, aturan-aturan dalam rumah tangga mengalami penyesuaian serta pengembangan sebagai berikut:
1.      Adam Smith
Ilmu ekonomi secara sistematis mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber-sumber daya yang terbatas guna mencapai tujuan tertentu
2.      Alfred Marshall
Ilmu ekonomi adalah ilmu atau studi yang mempelajari kehidupan manusia sehari-hari 
3.      Paul A Samuelson
Ilmu ekonomi adalah ilmu pilihan, ilmu ini mempelajari bagaimana orang memilih menggunakan sumber produksi yang langka atau terbatas untuk memproduksi berbagai komoditi dan menyalurkannya keberbagai anggota masyarakat untuk segera dikonsumsi
4.      Von Neumann dan Morgenstern
Ilmu ekonomi adalah disiplin ilmu yang sayang sekali bila tidak diperlukan secara ilmiah karena para tokoh terkemukanya sibuk mengurusi solusi-untuk menghadapi masalah-masalah mendesak zaman itu
5.      M. Manulang
Ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari masyarakat dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran (kemakmuran suatu keadaan dimana manusia dapat memenuhi kebutuhannya, baik barang – barang maupun jasa)
B.       Pembagian ilmu ekonomi
1.      Ekonomi sejarah
Ilmu ekonomi yang bertugas memberikan gambaran serta pembahasan tentang system perekonomian di berbagai negara dan perkembangan teori ekonomi dari jaman ke jaman.          
2.      Ekonomi statistic
Ilmu ekonomi bertugas mengumpulkan data tentang peristiwa ekonomi dan memberikan gambaran tentang keadaan ekonomi yang akan dating
3.      Ekonomi Deskriftif
Ekonomi deskriftif menggambarkan keadaan ekonomi dalam bentuk angka-angka. Caranya adalah dengan mencatat atau mendafatarkan peristiwa-peristiwa ekonomi sehingga keadaan ekonomi itu tertulis dalam bentuk angka-angka.
4.      Ekonomi Terapan 
Ekonomi terapan merupakan penggunaan teori ekonomi pada masalah-masalah ekonomi tertentu. Dalam ekonomi terapan kita dapat melihat manfaat langsung teori ekonomi itu dalam kehidupan sehari-hari.
5.      Ekonomi Teori
Ekonomi teori merupakan kumpulan teori-teori di bidang ekonomi yang dapat digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan kebijakan ekonomi untuk kepentingan masyarakat. Teori ekonomi dibedakan menjadi dua yaitu: 
a.       Ekonomi Mikro
Ekonomi mikro menunjuk pada telaah cara bekerjanya sistem ekonomi yang dilakukan secara particular. Obyek material ekonomi mikro adalah individu per individu atau perusahaan satu per satu. 
b.      Ekonomi Makro
Ekonomi makro menunjuk pada telaah cara bekerjanya system ekonomi secara universal. Obyek material ekonomi makro dimulai darimempelajari susunan perekonomian ari segala sudut. Selanjutnya, ekonomi makro mempersoalkan pendapatan secara nasional, begitu pula produksi, konsumsi dan kesempatan kerja selalu secara menyeluruh. 
C.      Prinsip dan Motif Ekonomi
1.      Prinsip Ekonomi
a.       Pengertian Prinsip Ekonomi
Tindakan ekonomi merupakan dasar perilaku manusia dalam kegiatan ekonomi yang berpedoman pada prinsip ekonomi. Pengertian prinsip ekonomi di dalam ilmu ekonomi adalah usaha dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya (minimal) untuk mendapatkan hasil yang sebesar-besarnya (maksimal). Prinsip ekonomi merupakan tindakan manusia untuk mengatasi permasalahan-permasalahan ekonomi yang dilakukan tiga pelaku ekonomi yang saling berkaitan, yaitu konsumen, produsen, dan pedagang/distributor yang menyalurkan barang, mereka selalu berpedoman pada prinsip ekonomi.
Manusia dihadapkan pada pilihan atau alternatif. Dalm menghadapi pilihan tersebut kita harus memilih mana yang paling menguntungkan. Misalnya ketika kita akan berangkat sekolah dihadapkan pada pilian naik bis kota atau taksi. Naik bis kota tarifnya murah, tetapi kurang nyaman dan membutuhkan waktu lebih lama, sedangkan bila naik taksi sebaliknya. Untuk itu perlu ada pedoman dalam memilih alternatif tersebut. Dalam ekonomi, pedoman bertindak eknomi adalah prinsip ekonomi. 
Prinsip ekonomi dapat diartikan dengan tindakan untuk mendapatkan hasil yang maksimum dengan pemanfaatan biaya tertentu. Atau dengan faktor produksi tertentu berusaha untuk mendapatkan hasil produksi yang maksimal. Prinsip ekonomi harus diberlakukan sesuai denan faktor kelangkaan yang telah kita bicarakan sebelumnya. Didorong engan faktor kelangkaan, maka
faktor faktor produksi yang ada harus digunakan semaksimal mungkin dalam rangka menghasilkan barang dan jasa.
b.      Ciri- ciri prinsip ekonomi
1)      Selalu bersikap hemat
2)      Selalu menentukan skala prioritas (kebutuhan yang mendesak atau penting didahulukan dan diurutkan sampai kebutuhan yang tidak penting dan tidak mendesak)
3)      Selalu bertindak dengan rasional dan ekonomis (melalui perencanaan yang matang)
4)      Selalu bertindak dengan prinsip cost and benefit (pengeluaran biaya diikuti dengan hasil yang ingin diperoleh) 
c.       Penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan ekonomi
Konsumen adalah pengguna barang dan jasa, produsen adalah penghasil barang dan jasa sedangkan pedagang/distributor adalah orang yang menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen melalui kegiatan jual beli barang.
1)      Prinsip ekonomi bagi konsumen artinya dengan barang yang ada dapat memenuhi kebutuhan sebesar-besarnya. Contoh perilaku konsumen berdasarkan prinsip ekonomi:
a)      menyesuaikan pengeluaran dengan pendapatan,
b)      memilih kualitas barang,
c)      menawar barang serendah mungkin,
d)     memilih barang/jasa secara tepat guna.
2)      Prinsip ekonomi bagi produsen artinya dengan modal tertentu dapat memperoleh keuntungan sebesar-besarnya. Contoh perilaku produsen berdasarkan prinsip ekonomi:
a)      mengikuti selera masyarakat,
b)      menentukan biaya produksi sekecil mungkin,
c)      menghasilkan barang dengan kualitas tinggi,
d)     dengan modal yang ada dapat memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
3)      Perilaku pedagang/distributor berdasarkan prinsip ekonomi:
a)      menghindari menjual barang berisiko tinggi,
b)       mengikuti selera konsumen (usia, tempat, waktu),
c)      barang dikemas dengan bentuk menarik,
d)     dengan modal yang ada dapat memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
2.      Motif Ekonomi
a.       Pengertian Motif Ekonomi
Motif ekonomi adalah alasan atupun tujuan seseorang sehingga seseorang itu melakukan tindakan ekonomi. Motif ekonomi terbagi dalam 2 aspek:
1)      Motif intrinsik, disebut sebagai suatu keinginan untuk melakukan tindakan ekonomi atas kemauan sendiri.
2)      Motif ekstrinsik, disebut sebagai suatu keinginan untuk melakukan tindakan ekonomi atas dorongan orang lain.
b.      Berbagai Motif Ekonomi
1)      Motif Ekonomi Individu/ perorangan
Dorongan untuk kesejahteraan diri sendiri dan keluarga. Macam motif ekonomi individu antara lain:
a)      Motif mencapai kemakmuran (meningkatkan taraf hidup)
Manusia berusaha memenuhi kebituhan hidupnya baik jasmani maupun rohani dengan tujuan mencapai kemakmuran (keseimbangan antara kebutuhan dengan alat pemenuhan kebutuhan). Dalam kedaan makmur manusia dapat memenuhi kebutuhan makanan yang bergizi, tempat tinggal yang layak, pendidikan yang tinggi dsb.
b)      Motif memperoleh penghargaan (aktualisasi diri/harga diri)
Motif menunjukan gengsi atau prestis dan harga diri manusia melalui dorongan ekonomi guna memperoleh penghargaan. Misalnya: orng yang kaya selalu berkendaraan mobil mewah agar terlihat terpandang oleh orang-orang di sekitarnya.
c)      Motif mencapai kekuasaan ekonomi 
Seorang pelaku bisnis yang sudah bersekala besar ingin lebih menguasai pasar secara nasional dengan mendirikan cabang-cabang di setiap kota. Motif pelaku bisnis tersebut didasari dorongan untuk mencapai kekuasaan. 
d)     Motif sosial/membantu sesama 
Tidak semua manusia dalam bertindak ekonomi di dorong untuk kepentingan diri sendiri, tetapi ada pula yang berorientasi kepadakepentingan sosial guna membantu sesama, misalya memberi sumbangn pada panti asuhan, yayasan tuna netra dll.
2)      Motif ekonomi perusahaan
Perusahaan mempunyai tiga motif ekonomi, yaitu:
a)      Motif memproduksi barang dengan harga murah
Dalam rangka menang dalam persaingan, perusahaan memiliki motif untuk memproduksi barang dengan harga murah tetapi mempunyai mutu tinggi.
b)      Motif mencari keuntungan 
Setiap perusahaan termotivasi melakukan kegiatan adalah dalam rangkamencari keuntungan. Dengan kata lain, perusahaan selalu berorientasi pada keuntungan. Keuntungan inilah yang menjadi motor penggerak dalam menjalankan usaha.
c)      Motif menjaga kontinuitas perusahaan 
Perusahaan didirikan dalam waktu yang tidak terbatas, tetapi perusahaan tetap ada jika kesinambungannya dijaga yaitu tetap memiliki laba. Dengan demikian, pihak-pihak yang ada diperusahaan tetap dapat melakukan aktivitasnya.

D.      Manfaat Ilmu Ekonomi
Pengertian Ilmu Ekonomi secara umumyaitu suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari cara / sistem tingkah laku manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup agar mencapai kemakmuran.Manfaat mempelajari ilmu Ekonomi :
1.      Setiap manusia pasti berusaha mengatur kebutuhan ekonominya, maka dari itu ilmu ekonomi sangat berperan penting di sektor kebutuhan manusia.
2.      Ilmu ekonomi sangat berperan penting bagi suatu daerah, baik daerah kecil maupun besar seperti negara, karena ilmu ini dapat meningkatkan taraf hidup Sumber Daya Manusia.
3.      Ilmu ekonomi sangat berperan penting dalam mengatur prinsip kebutuhan pokok sosial / masyarakat.
4.      Mempelajari ilmu ekonomi dapat melatih seseorang agar berjiwa Sosial dan bersifat teliti ( cermat ) serta ekonomis.
5.      Mempelajari ilmu ekonomi dapat melatih seseorang agar mampu mengatur atau mengelola nilai nominal dengan baik dan bijak.
6.      Mempelajari ilmu ekonomi sangat penting ,dan hal pokok bagi setiap masyarakat khususnya dalam ruang lingkup keluarga, tujuannya agar dapat dengan cermat mengatur skala prioritas kebutuhan dari keperluan yang terpenting/ mendesak terlebih dahulu.
7.      Mempelajari ilmu ekonomi melatih seseorang agar dapat mandiri dalam berwirausaha dan mengelola kebutuhanya.
  
RANGKUMAN

Ø   Ilmu ekonomi adalah mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber-sumber daya yang terbatas guna mencapai tujuan tertentu.
Ø   Ekonomi sejarah adalah ilmu ekonomi yang bertugas memberikan gambaran serta pembahasan tentang system perekonomian di berbagai negara dan perkembangan teori ekonomi dari jaman ke jaman.
Ø   Ekonomi statistic adalah ilmu ekonomi bertugas mengumpulkan data tentang peristiwa ekonomi dan memberikan gambaran tentang keadaan ekonomi yang akan dating
Ø   Ekonomi Deskriftif adalah ekonomi deskriftif menggambarkan keadaan ekonomi dalam bentuk angka-angka. Caranya adalah dengan mencatat atau mendafatarkan peristiwa-peristiwa ekonomi sehingga keadaan ekonomi itu tertulis dalam bentuk angka-angka.
Ø   Ekonomi Terapan adalah ekonomi terapan merupakan penggunaan teori ekonomi pada masalah-masalah ekonomi tertentu. Dalam ekonomi terapan kita dapat melihat manfaat langsung teori ekonomi itu dalam kehidupan sehari-hari.
Ø   Ekonomi Teori adalah ekonomi teori merupakan kumpulan teori-teori di bidang ekonomi yang dapat digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan kebijakan ekonomi untuk kepentingan masyarakat.
Ø   Ekonomi mikro adalah bekerjanya sistem ekonomi yang dilakukan secara particular.
Ø   Ekonomi makro adalah bekerjanya system ekonomi secara universal
Ø   Prinsip ekonomi merupakan tindakan manusia untuk mengatasi permasalahan-permasalahan ekonomi yang dilakukan tiga pelaku ekonomi yang saling berkaitan, yaitu konsumen, produsen, dan pedagang/distributor yang menyalurkan barang, mereka selalu berpedoman pada prinsip ekonomi.
Ø   Motif ekonomi adalah alasan atupun tujuan seseorang sehingga seseorang itu melakukan tindakan ekonomi.

BAB III
EVALUASI


MAKSUD dan TUJUAN EVALUASI
Dengan adanya evaluasi pada setiap materi yang diajarkan kepada peserta didik, diharapkan kemampuan peserta didik akan semakin terasah dengan baik dan menjadikan peserta didik untuk terbiasa melatih diri dengan soal-soal evaluasi. Evaluasi pada materi Konsep Dasar Ilmu Ekonomi, dimaksudkan agar peserta didik tidak lagi kesulitan dan mampu melanjutkan pembelajaran pada materi berikutnya.
Tujuan diadakannya evaluasi yaitu :
1.        Mengetahui apakah materi yang di pelajari dapat dilanjutkan dengan bahan yang baru/diulangi
2.        Untuk mengetahui taraf efisiensi metode yang di gunakan oleh pendidik
3.        Untuk mengetahui efektifitas proses pembelajaran yang dilaksanakan
4.        Untuk mengetahui apakah komponen-komponen dalam proses pembelajaran sudah memberikan kontribusi positif bagi proses pembelajaran.
5.        Untuk mengetahui kesesuaian presepsi dan pemikiran peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran.

MATERI EVALUASI
Materi yang akan diujikan pada evaluasi ini berdasarkan pada materi pokok yang telah dijabarkan pada uraian materi. Untuk itu, peserta didik harus mempelajari terlebih dahulu isi dari uraian materi yang telah dijelaskan.

Selamat Mengerjakan

A.    Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!
1.      Ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari masyarakat dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran (kemakmuran suatu keadaan dimana manusia dapat memenuhi kebutuhannya, baik barang-barang maupun jasa). Pengertian tersebut adalah pengertian ekonomi menurut pendapat ....
a.       Soelistijo
b.      Adam Smith
c.       M. Manulang
d.      Alfred Marshall
e.       Paul A. Samueson

2.      Berikut ini adalah pengertian ilmu ekonomi menurut pendapat para tokoh.
1)      Ilmu ekonomi adalah pilihan yang mempelajari bagaimana manusia memilih dalam usahanya memanfaatkan sumber produksi yang terbatas untuk memproduksi berbagai komoditi dan menyalurkannya kepada masyarakat konsumsi.
2)      Ilmu ekonomi merupakan praktik ilmiah tentang pengeluaran dan penagihan keuangan.
3)      Ilmu ekonomi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang langka.
4)      Ilmu ekonomi adalah disiplin ilmu yang sayang sekali bila tidak diperlukan secara ilmiah karena para tokoh terkemukanya sibuk mengurusi solusi-untuk menghadapi masalah-masalah mendesak zaman itu
5)      Ilmu ekonomi adalah ilmu atau studi yang mempelajari kehidupan manusia sehari-hari
       
     Berdasarkan pengertian tersebut, pengertin ilmu ekonomi menurut Lionel Robins adalah ...
a.       nomor 1
b.      nomor 2
c.       nomor 3
d.      nomor 4
e.       nomor 5

3.      Ilmu ekonomi syariah adalah bagian dari ilmu ekonomi yang mempelajari  masalah-masalah ekonomi rakyat yang dilandasi oleh nilai-nilai islam. Ekonomi syariah merupakan bagian dari ...
a.       ekonomi teori 
b.      ekonomi positif
c.       ekonomi terapan
d.      ekonomi normatif
e.       ekonomi pembangunan

4.      Bagian dari ilmu ekonomi yang secara khusus mempelajari tentang fungsi, sifat, peranan, permasalahan mekanisme moneter, dan pengaruh uang terhadap aktivitas perekonomian suatu negara disebut ...
a.       Ilmu  ekonomi syariah
b.      Ilmu ekonomi moneter
c.       Ilmu ekonomi perdagangan
d.      Ilmu ekonomi Internasional
e.       Ilmu ekonomi pembangunan

5.      Cita-cita Ari ingin menjadi akuntan publik. Setelah lulus SMA, Ari berniat untuk melanjutkan kuliah. Menurut pendapatmu, sebaiknya Ari mendalami kuliah di bidang keilmuan ...
a.       hukum
b.      asuransi
c.       kesehatan
d.      akuntansi
e.       manajemen

6.      Ilmu ekonomi yang meneliti bagaimana berbagai keputusan dan perilaku kegiatan ekonomi dapat mempengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa sehingga dapat menentukan harga disebut ilmu ...
a.       ekonomi mikro
b.      ekonomi makro
c.       ekonomi moneter
d.      ekonomi perusahaan 
e.       ekonomi pembangunan

7.      Cabang ilmu ekonomi yang mempelajari tentang keterkaitan antara struktur indstri, perilaku industri, dan kinerja industri disebut ilmu ...
a.       ekonomi mikro
b.      ekonomi makro
c.       ekonomi moneter
d.      ekonomi industri
e.       ekonomi perdagangan

8.      Ibu Anita memiliki warung nasi. Ibu Anita membuka warungnya dari pagi sampai larut malam. Ia rajin membuka warungnya sehingga memperoleh keuntungan. Tindakan ekonomi yang dilakukan oleh ibu Ani didasari oleh ...
a.       motif sosial
b.      motif penghargaan
c.       motif memperoleh kekuasaan 
d.      motif memenuhi kebutuhan hidup untuk mencapai kemakmuran
e.       motif untuk mendapatkan keuntungan

9.       Amati gambar berikut ini:




Pada gambar menunjukkan bahwa seseorang bekerja keras meningkatkan kualitas kerja untuk menambah pendapatan. Motif yang mendasari seseorang melakukan tindakan ekonomi tersebut adalah ...
a.       motif keselamatan
b.      motif penghargaan 
c.       motif memperoleh kekuasaan
d.      motif untuk mendapatkan hadiah
e.       motif memenuhi kebutuhan hidup untuk mencapai kemakmuran

10.   Kegiatan yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup agar mencapai kemakmuran dengan dilandasi prinsip ekonomi disebut ...
a.       prinsip ekonomi
b.      motif ekonomi
c.       gejala ekonomi
d.      tindakan ekonomi

B.    Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.      Deskripsikan tentang pengertian ilmu ekonomi!
2.      Deskripsikan tentang pembagian ilmu ekonomi!
3.      Deskripsikan tentang pengertian prinsip ekonomi dengan menggunakan bahasamu sendiri!
4.      Deskripsikan tentang tindakan ekonomi dan motif ekonomi dengan menggunakan bahasamu sendiri!
5.      Mengapa dalam menerapkan prinsip ekonomi tidak boleh bertentangan dengan ajaran agama dan hukum yang berlaku?

BAB IV
PENUTUP


TINDAK LANJUT
Dalam kegiatan tindak lanjut evaluasi hasil belajar dapat dilakukan baik berupa perbaikan (remedial) bagi siswa-siswa tertentu, maupun berupa penyempurnaan program pembelajaran. Langkah-langkahnya sebagai yaitu:
1.      Identifikasi kelebihan dan kelemahan laporan hasil evaluasi pembelajaran
2.      Peningkatan hasil belajar
3.      Merancang program pembelajaran remedial (perbaikan).
4.      Merancang perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, perbaikan program pembelajaran.

HARAPAN
        
Demikianlah modul ini disusun dengan isi materi tentang Konsep Dasar Ilmu Ekonomi. Besar harapan semoga modul ini dapat digunakan dan bermanfaat untuk peserta didik dalam pembelajaran sehingga dapat menambah pengetahuan serta kemampuan untuk memahami Konsep Dasar Ilmu Ekonomi.
Karena keterbatasan pengetahuan referensi, penulis menyadari modul ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan agar modul ini dapat disusun menjadi lebih baik lagi dimasa yang akan datang.

DAFTAR PUSTAKA


(2015). http://avistalingga.blogspot.co.id/2015/09/rangkuman-konsep-dasar-ilmu-ekonomi.html.
(2013). http://rufieani.blogspot.co.id/2013/10/bab-i-konsep-ilmu-ekonomi.html.
(2015). http://lembarkerjasiswa123.blogspot.co.id/2015/10/uji-kompetensi-kelas-10-konsep-dasar.html.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Modul Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

Modul Konsep Sasar Ilmu Ekonomi Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Pengembangan Bhan Ajar Aan Anisah, S.E., M.Pd. ...